TRANSLATE

Sabtu, 28 November 2009

Apa Itu Sulap?

        Sulap. Kata ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pertunjukkannya pun dapat kita nikmati di berbagai kesempatan. Mulai dari acara makan malam hingga sebuah pertunjukkan besar yang sengaja digelar untuk mempertontonkan berbagai trik. Namun tahukah Anda apa sebenarnya sulap itu?
        Pengertian sulap menurut wilkipedia.org yaitu sulap sebagai salah satu bentuk seni pertunjukkan yang banyak dinikmati oleh masyarakat. Daya tarik dari seni pertunjukkan ini terletak pada kemampuannya membangkitkan rasa heran para penonton mengenai rahasia dibalik penyajiannya.
        Sulap berbeda dengan supranatural. Sulap lebih mengarah pada sesuatu yang sebenarnya dapat dipikirkan dengan logika. Sulap juga merupakan penggabungan dari berbagai macam unsur seni seperti seni rupa, seni tari, seni musik dan berbagai macam seni yang lain. Tidak hanya seni, bahkan sulap juga mengaplikasikan berbagai disiplin ilmu yang lain seperti ilmu kimia, fisika, psikologi, matematika, biologi dan lain sebagainya. Inilah yang membedakan sulap dengan supranatural. Karena, sekali lagi, trik sulap merupakan suatu hal yang logis dan dapat dijelaskan dengan akal. Tidak seperti supranatural yang terkadang menampilkan atraksi yang tidak masuk akal.

 Kartu bicycle
        Lantas mengapa terkadang sulap seolah-olah menjadi sesuatu yang janggal juga? Misalnya atraksi yang menampilkan seorang pesulap mampu menghilangkan sebuah koin semula berada pada telapak tangannya. Inilah trik. Trik dalam sulap menuntut adanya suatu kelihaian dari pemainnya. Koin tidak menghilang karena dimakan makhluk gaib. Kemana perginya koin tersebut, sebenarnya dapat dijelaskan dengan akal. Jika Anda masih menganggap ini sebagai supranatural, Mungkin Anda hanya belim tahu saja.
        Sunggu disayangkan jika masih ada orang yang menganggap sama antara sulap dengan sihir atau sesuatu hal yang berbau mistis. Padahal anggapan tersebut muncul akibat adanya tindakan beberapa orang pesulap yang menyalahgunakan permainan sulap ini. Bukan karena sulap memang benar-benar mistis.
        Sulap menuntut adanya suatu kalihaian. Kelihaian yang dibutuhkan antara lain, kelihaian manipulasi, tangan, hasil kerja suatu peralatan juga berbagai efek yang dapat dimunculkan dari berbagai zat kimia. Seseorang akan menjadi pesulap yang lihai jika ia mempelajari suatu trik secara terus-menerus. Oleh karena itu, biasanya seorang pesulap tidak mempelajari trik yang lain jika belum mampu memainkan dengan sempurna sebuah trik. Mereka pun biasanya juga enggan untuk mengulangi sulap yang baru saja dimainkannya kepada penonton yang sama. Mengapa? Karena mereka tahu, penonton mungkin akan mulai memahami trik yang sedang dimainkan. Jika demikian halnya, maka penonton pun akan segera tahu rahasia dari trik atraksi sulap ini. Dan tentu saja sudah tidak akan menjadi sesuatu yang menarik lagi.

 Aksi Pesulap
        Nah, alasan dapat dilogika inilah yang menyebabkan mengapa sulap dapat dipelajari oleh semua orang yang berminat. Termasuk diri Anda. Namun, sebelum Anda lebih lanjut dalam mempelajari berbagai macam teknik sulap, penting kiranya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai esensi dasar ilmu sulap.
        Apa saja esensi dasar ilmu sulap itu? Secara umum, terdapat dua macam esensi dasar sulap. Yang pertama, sulap disajikan untuk membuat penonton merasa senang dan gembira. Sulap ada untuk menghibur orang. Jadi, ketika Anda melakukan suatu pertunjukkan, keberhasilan Anda dapat diukur dari bagaimana reaksi penonton terhadap pertunjukkan Anda. Jika merasa senang, puas dan ingin melihat permainan ini kembali, maka pertunjukkan Anda sukses dengan gemilang!
        Kedua, semakin bagus trik yang Anda mainkan, maka semakin mudah pula untuk diingat penonton. Anda juga dapat menggunakan berbagai macam metode agar penonton dapat mudah mengingat permainan sulap Anda. Trik seperti ini biasanya dibuat sederhana namun tetap memukau.
        Bagaimana jika Anda belum menguasai satu trik pun, padahal sangat tertarik dengan permainan sulap? Anda dapat menggali berbagai pengetahuan dari buku, internet, atau mengikuti kursus sulap. Anda juga dapat pergi ke sebuah toko sulap di kota Anda. Biasanya orang penjual peralatan sulap ini juga pandai bermain sulap. Tanyakan berbagai hal kepadanya. Jika Anda memang benar-benar berminat untuk belajar sulap, maka utarakanlah niat ini kepadanya. Siapa tahu di toko tersebut memilki pelatihan khusus untuk pemula seperti Anda.
        Nah, ketika Anda sudah mengikuti pelatihan sulap ini, jangan lupa untuk tetap mengasahnya sendiri. Jika hanya mengandalkan di tempat latihan, maka entah kapan Anda baru bisa menjadi pesulap hebat!

By: ILMU SULAP untuk pemula

3 komentar:

visit my blog
http://micketwasdie.blogspot.com

salam magician!!

yang diatas salah.
nie yang bener :

mickeywasdie.blogspot.com

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More