TRANSLATE

Selasa, 30 Juni 2009

Magic Square 3 x 3

Kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana Trik /Rumus Magic Square 3 x 3. Tapi rumus ini banyak kekurangan /kelemahannya:
- Nominal yang diminta harus bilangan kelipatan 3, contohnya 3, 6, 9, 12 .....dst.
- Bagian yang dapat dijumlahkan hanya secara Horizontal, Vertical dan Diagonal saja tidak seperti Magic Square 4 x 4 yang dapat dijumlahkan segala sudut.

Rumusnya adalah.....





A
pada rumus diatas adalah angka yang diminta dibagi 3 lalu ditambah 4
(A = Angka yang diminta : 3 + 4)
Tapi ingat, nominal yang diminta harus bilangan kelipatan 3
Contoh:
Kita misalkan angka yang diminta pada Magic Square itu adalah 24(Harus kelipatan 3). Untuk mengisi rumus diatas 24 harus dibagi 3 lalu ditambah 4 (24 : 3 + 4 = 12). Berarti 12 yang digunakan untuk mengisi A pada rumus diatas. Lihat gambar dibawah:...



Dari Bujur Sangkar diatas, secara Horizontal masing-masing jumlahnya 24, vertical dan diagonal jika dijumlahkan hasilnya 24.

CONTOH LAIN:
Misalkan angka yang diminta penonton adalah 15 (harus kelipatan 3, kalau tidak pancinglah agar penonton memilih bilangan kelipatan 3).
Untuk mengisi rumus yang saya jelaskan tadi harus dimulai pada kotak A. cara mengisi kotak A adalah angka yang diminta penonton dibagi 3 lalu ditambah 4 (15 : 3 + 4 = 9). Berarti 9 yang digunakkan untuk mengisi kotak A pada rumus tadi. Lihat gambar dibawah:



CATATAN:
(Ingat, Angka yang diminta penonton harus bilangan kelipatan 3)
Bila Ada Yang Bertanya Isi Dikotak Comment......

1 komentar:

kalo bukan kelipatan 3 tidak bisa?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More